4+ Panduan Produktivitas: Strategi Manajemen Waktu Yang Berhasil [pengantar] - Berbagi Optimis

Terbaru

Search Bar

Jumat, 10 Mei 2019

4+ Panduan Produktivitas: Strategi Manajemen Waktu Yang Berhasil [pengantar]

Panduan Produktivitas - Sebagian orang masih mengasumsikan bahwa sibuk adalah suatu kesuksesan. Padahal sejatinya bila seseorang sibuk, dia belum tentu produktif. Sebaliknya pun, seseorang yang produktif, belum tentu harus sibuk. Berbicara produktif, maka kita akan berbicara penuh mengenai produktivitas. Produktivitas adalah ukuran efisiensi seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas. Kita sering berasumsi bahwa produktivitas berarti menyelesaikan lebih banyak hal setiap hari. Salah. Produktivitas adalah menyelesaikan hal-hal penting secara konsisten. Dan apa pun yang sedang Anda kerjakan, hanya ada beberapa hal yang benar-benar penting.
Menjadi produktif adalah tentang mempertahankan kecepatan rata-rata yang stabil pada beberapa hal, bukan kecepatan maksimum pada segalanya.
Sebelum kita berbicara tentang cara memulai, saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya telah meneliti dan menyusun cara-cara yang didukung sains untuk tetap berpegang pada kebiasaan baik dan berhenti menunda-nunda.

Strategi Produktivitas Teratas

  • Hilangkan Aktivitas Pemborosan Waktu dengan Menggunakan Kotak Eisenhower : Matriks keputusan sederhana ini akan membantu Anda mengambil tindakan, mengatur tugas, dan menyelesaikan lebih banyak hal. Hal yang hebat tentang matriks ini adalah dapat digunakan untuk rencana produktivitas yang luas ("Bagaimana saya harus menghabiskan waktu setiap minggu?") Dan untuk rencana harian yang lebih kecil ("Apa yang harus saya lakukan hari ini?").
  • Strategi "2 Daftar" Warren Buffett: Cara Memaksimalkan Fokus Anda dan Menguasai Prioritas Anda : Metode ini berasal dari investor terkenal Warren Buffett dan menggunakan strategi produktivitas 3 langkah sederhana untuk membantu Anda menentukan prioritas dan tindakan Anda. Anda mungkin menemukan metode ini berguna untuk membuat keputusan dan membuat diri Anda berkomitmen untuk melakukan satu hal segera.
  • Metode Ivy Lee: Rekomendasi Ahli Rutin Harian untuk Produktivitas Puncak : Strategi produktivitas ini mudah: Lakukan hal yang paling penting terlebih dahulu setiap hari. Metode Ivy Lee adalah cara sederhana yang mati untuk menerapkan strategi ini.
  • Rutinitas 15 Menit Anthony Trollope : Ada satu masalah umum dengan pendekatan peringkat prioritas Anda dan melakukan hal yang paling penting terlebih dahulu. Setelah menentukan peringkat prioritas Anda untuk hari itu, jika tugas nomor satu adalah proyek yang sangat besar maka itu dapat membuat Anda merasa frustrasi karena butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Penulis Anthony Trollope, bagaimanapun, mengembangkan solusi untuk masalah umum ini.

Lebih Banyak Ide Produktivitas

Sebagian besar strategi produktivitas fokus pada efisiensi jangka pendek: bagaimana mengelola daftar tugas Anda secara efektif, cara menyelesaikan lebih banyak setiap pagi, bagaimana mempersingkat pertemuan mingguan Anda, dan sebagainya. Ini semua adalah ide yang masuk akal.
Namun, kita sering gagal untuk menyadari bahwa ada pilihan strategis tertentu yang perlu kita buat jika kita ingin memaksimalkan produktivitas kita untuk jangka panjang.

Cara Sederhana untuk Lebih Produktif Setiap Hari

Langkah 1: Kelola energi Anda, bukan waktu Anda.

health.harvard.edu
Jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk memikirkannya, Anda mungkin akan menyadari bahwa Anda lebih baik dalam melakukan tugas-tugas tertentu pada waktu-waktu tertentu. Jenis energi apa yang Anda miliki di pagi hari? Sore? Malam? Tentukan tugas apa yang setiap tingkat energi dan waktu hari paling cocok untuk itu.

Langkah 2: Persiapkan malam sebelumnya.

devicedaily.com

Jika Anda hanya melakukan satu hal setiap hari maka habiskan beberapa menit setiap malam untuk mengatur daftar tugas Anda besok. Ketika saya melakukannya dengan benar, saya akan menguraikan artikel yang akan saya tulis pada hari berikutnya dan mengembangkan daftar pendek dari item yang paling penting untuk saya selesaikan. Dibutuhkan 10 menit malam itu dan menghemat 3 jam pada hari berikutnya.

Langkah 3: Jangan buka email sampai siang.

digitalunite.com

Kedengarannya sederhana. Tidak ada yang melakukannya. Butuh beberapa saat untuk melupakan dorongan untuk membuka kotak masuk saya, tetapi akhirnya saya menyadari bahwa semuanya bisa menunggu beberapa jam. Tidak ada yang akan mengirim email kepada Anda tentang keadaan darurat yang sebenarnya (kematian dalam keluarga, dll.), Jadi tinggalkan email Anda sendirian selama beberapa jam pertama setiap hari. Gunakan pagi hari untuk melakukan apa yang penting daripada merespons apa yang “mendesak.”

Langkah 4: Matikan ponsel Anda dan tinggalkan di ruangan lain.

kawaiibeautyjapan.com

Atau di meja rekan kerja Anda. Atau paling tidak, letakkan di suatu tempat yang tidak terlihat. Ini menghilangkan keinginan untuk memeriksa pesan teks, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Strategi sederhana ini menghilangkan kemungkinan tergelincir menjadi setengah kerja di mana Anda membuang waktu membagi perhatian Anda di antara tugas-tugas yang tidak berarti.

Langkah 5: Bekerja di tempat yang dingin.

acwahana.com

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana Anda merasa grogi dan lamban di ruangan yang panas? Menurunkan suhu atau pindah ke tempat yang lebih dingin adalah cara mudah untuk memfokuskan pikiran dan tubuh Anda. (Tip hat ke Michael Hyatt untuk yang satu ini.)

Langkah 6: Duduk atau berdiri.

cloudfront.net

Ketika Anda duduk membungkuk, dada Anda dalam posisi runtuh dan diafragma Anda menekan bagian bawah paru-paru Anda, yang menghalangi kemampuan Anda untuk bernapas dengan mudah dan dalam. Duduk tegak atau berdiri dan Anda akan menemukan bahwa Anda dapat bernapas lebih mudah dan lebih penuh. Akibatnya, otak Anda akan mendapatkan lebih banyak oksigen dan Anda akan dapat berkonsentrasi lebih baik.

Langkah 7: Kembangkan "rutinitas sebelum pertandingan" untuk memulai hari Anda.

republika.co.id

Rutinitas pagi saya dimulai dengan menuangkan segelas air dingin. Beberapa orang memulai hari mereka dengan meditasi sepuluh menit. Demikian pula, Anda harus memiliki urutan yang memulai ritual pagi Anda. Ini rutinitas kecil memberi sinyal ke otak Anda bahwa inilah saatnya untuk masuk ke mode kerja atau mode latihan atau mode apa pun yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas Anda. Selain itu, rutinitas pra-permainan membantu Anda mengatasi kurangnya motivasi dan menyelesaikan sesuatu bahkan ketika Anda tidak menyukainya.***
--
sumber: https://jamesclear.com/productivity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar