Cantik Sekaligus Taat - Berbagi Optimis

Terbaru

Search Bar

Kamis, 21 Juli 2016

Cantik Sekaligus Taat


Berbagi Optimis - Alhamdulillaah, hari ini kita menyaksikan dengan mata yang berbinar betapa sesuatu yang dianggap tabu pada beberapa dasawarsa lalu kini menjadi trend bahkan lifestyle di tengah-tengah kehidupan kita.

Sudah fitrahnya, perempuan adalah sebaik-baik perhiasan, maka konsekuensinya adalah penjagaan. Agar apa? Agar tidak menjadi apa yang oleh manusia paling mulia di muka bumi ini, Muhammad saw. kabarkan bahwa, perempuan adalah fitnah paling besar yang diwariskan dunia.

Nah, bagaimana sih caranya agar bisa cantik sekaligus taat?

1. Niat

Kita sepakat kalau segala sesuatu tergantung pada niat di awal. Oleh karena itu, timbanglah di antara cantik dan taat yang akan membawa kebaikan pada kita tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat kelak, lalu desirkan dalam hati lamat-lamat. Mana yang kamu pilih? Cantik atau taat?

2. Memakai Kerudung yang Sederhana

Mari sepakati bahwa Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan, termasuk dalam berpakaian. Kerudung yang terlalu banyak aksesori hanya akan menarik perhatian laki-laki, dan itu sudah keluar dari koridor taat; pun kerudung yang dibelit-belit bisa jadi melanggar rambu-rambu jalan ketaatan seorang muslimah dalam berpakaian, yaitu kerudung HARUS menutupi dada dan TIDAK BOLEH digulungkan di kepala sehingga menyerupai punduk unta. Satu hal lagi, kerudung tidak boleh menerawang sehingga terlihat rambut.

3. Memilih Warna Kerudung

Warna punya psikologi yang secara tidak langsung memengaruhi pikiran orang yang melihatnya; pun--dalam beberapa sumber- warna juga mewakili beberapa emosi manusia. Memilih warna kalem akan membuat wajahmu teduh dan terkesan anggun. Berbeda dengan warna yang ngejrenggg, akan membuatmu terkesan orang yang ceria tapi riweuh; asik tapi ceriwis. Monggo, disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

4. Memakai Gamis

Gamis atau jilbab diisyaratkan untuk dipakai perempuan agar mereka tidak berpakaian tapi telanjang; maksudnya nyetak bentuk tubuh meskipun memakai pakaian. Terlebih dari itu, memakai gamis adalah salah satu bentuk pemenuhan perintah Allah dalam bab MENUTUP aurat perempuan, yakni seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Bisa kita lihat di jalan-jalan, perempuan yang memakai celana jeans ketat akan memperlihatkan bentuk kakinya.

5. Memakai Kaos Panjang dan Rok

Bila memakai gamis terlalu ribet karena kamu perempuan yang aktivitasnya banyak di lapangan, atau yang hobinya martial arts, naik gunung, atau olahraga-olahraga lain, maka sah-sah saja memakai kaos panjang dengan memerhatikan dua hal tadi: 1) Menutup aurat (2) Tidak memerlihatkan lekukan tubuh.

Pasangannya yaitu rok; sebab rok tidak akan memperlihatkan bentuk kaki. Tetapi bila ada kendala dalam memakai rok dengan alasan aktivitas dan hobi tadi, maka sekarang ada alternatif, yaitu Rok Celana. Tidak memperlihatkan bentuk kaki dan tetap bisa bergerak lebih lincah.

6. Memakai Hand Sock

Hand Sock adalah aksesori yang ditekankan untuk dipakai perempuan muslimah. Sebab, akan lebih menutupi aurat khususnya tangan; selain juga menambah keanggunan. Banyak model-model hand sock yang dijual sekarang, kamu bisa pilih sesuai seleramu.

7. Memakai Kaos Kaki

Kaki perempuan adalah aurat, maka wajib hukumnya di tutup. Di antara semua bagian aurat wanita, kaki inilah yang sering lalai untuk ditutupi. Baca penjelasan lengkapnya: Kaki Juga Aurat, Wajib Ditutup.

Semua butuh proses, ayo bantu teman-temanmu menjadi wanita muslimah seutuhnya. Doakan dalam setiap sujudmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar